Hari ini tanggal 07 Desember 2019 pukul 02:01

Prosedur PSB Online Penerimaan Santri Baru

Prosedur PSB Online

  • Membayar biaya pendaftaran Rp. 300.xxx,- melalui transfer ke rekening Bank Muamalat Cabang Salatiga 5080007621 a.n. SMPIT NURUL ISLAM TENGARAN
    dengan mencantumkan 3 digit terakhir nomor ponsel yang digunakan untuk konfirmasi pada nominal transfer.
        Contoh : Nomor ponsel 085727771505, maka transfer sejumlah Rp 300.505,-
        *Note : Kode Bank Muamalat 147

  • Mengirimkan pesan WA konfirmasi pembayaran dengan format :
        Nama Siswa Pendaftar # Jenis Kelamin # Tanggal dan Waktu Transfer # Asal Daerah # Asal SD
        Contoh : Muhammad # Laki-laki # 08-03-2019 pkl 09.00 # Kudus # SDIT Al Islam
        >> Kirim ke 089509501710

  • Setelah konfirmasi diterima, panitia akan mengirim pesan WA balasan berisi username (Nomor Pendaftaran) dan password (pada jam kerja).

  • Buka browser yang support data seperti Chrome, agar nanti bisa mendownload Kartu Ujian. Tulis link address aplikasi PSB Online (klik). Masuk menu Form Pendaftaran, lalu login dengan username dan password yang telah diterima. Waktu session login hanya satu jam, maka jangan lebih dari satu jam dalam menyelesaikan pengisian data dan upload berkas. Agar tidak diminta input dan upload ulang data.

  • Isi kuesioner dengan jawaban sesuai pilihan yang tersedia. Segala jawaban yang diberikan dalam kuesioner ini tidak akan mempengaruhi hasil seleksi secara keseluruhan, maka silakan memberi jawaban dengan benar dan jujur sesuai dengan pilihan Anda. Klik "Submit Kuesioner" (kiri bawah).

  • Setelah kuesioner tersimpan akan tampil kolom form isian data siswa, akademik, dan orangtua. Klik "Next" untuk lanjut, bila ingin kembali untuk mengedit halaman sebelumnya, klik "Previous" (kiri bawah). Setelah pengisian data, akan tampil halaman Proses Simpan Data. Pastikan "Data berhasil tersimpan".

  • Selanjutnya pendaftar mengupload dokumen yang telah dipindai/scan dalam format (.pdf) yaitu : Kartu/S.Ket NISN, Akte Kelahiran, Kartu Keluarga, KTP orangtua (bapak-ibu dalam satu file), kecuali foto disimpan dalam format (.jpg/.png). Ukuran file jangan lebih dari 1 MB. Jika upload gagal, pastikan file dokumen dalam format yang benar dan tidak melebihi batas ukuran 1 MB.

  • Terakhir akan muncul halaman "Cetak Kartu Ujian", klik untuk melihat dan mencetak Co-card (kartu ujian). Kartu Ujian wajib disimpan karena menyimpan informasi username-password, materi & teknis ujian seleksi, teknis pengumuman kelulusan, dan daftar ulang.

  • Jika ingin merubah data, klik "Ubah Data Peserta". Jika ingin merubah file berkas, klik "Ubah Berkas"

  • Jika kartu ujian tidak bisa didownload, ada dua kemungkinan masalah : pilihan browser atau waktu koneksi habis. Gunakan browser yang support data seperti Chrome. Kemudian login ulang. Jika masih diminta untuk mengisi data, berarti waktu login saat mengisi data atau mengupload berkas sebelumnya telah habis. Karena waktu session login hanya satu jam. Silakan isi ulang data atau upload ulang berkas, lalu cetak kartu ujian.

  • Co-card (kartu ujian) diprint dengan kertas BC (cover tebal) warna putih dan dibawa saat Ujian Seleksi dan Daftar Ulang.

Petunjuk Pendaftaran

1. Pilih "Form Pendaftaran" pada menu sebelah kiri



2. Masukkan username dan password yang diberikan oleh panitia. Lalu klik "Login"



3. Akan ditampilkan Kuesioner, pilih jawaban sesuai kondisi yang berlaku



4. Akan ditampilkan Formulir Data Calon Peserta Didik
   - NIK (Nomor Induk Kependudukan) lihat di Kartu Keluarga dengan 16 digit angka. Masing-masing anggota keluarga memiliki NIK sebagai basis data pembuatan nomor KTP
   - NISN adalah Nomor Induk Siswa Nasional yang berlaku secara nasional berjumlah 10 digit angka. Bukan NIS yang berbasis lokal sekolah
   - Pilih tanggal dan bulan lahir dengan mengklik panah atas-bawah
   - Pilih propinsi, kabupaten/kota, kecamatan, dan kelurahan/desa dengan mengklik panah atas-bawah



    Jika sudah terisi semua, klik "Next" di kanan bawah

5. Selanjutnya akan tampil Data Akademik yang harus diisi
   - Nilai Mata Pelajaran tidak perlu diisi
   - Setelah terisi semua, klik "Next"



6. Terakhir, isikan Data Orang Tua/Wali, klik "Next"



   Jika ingin kembali ke halaman sebelumnya untuk mengubah data, klik "Previous" di kiri bawah

7. Pengisian data selesai, klik "Proses Simpan Data"



   Pastikan Data berhasil disimpan

8. Selanjutnya pendaftar mengupload dokumen yang telah dipindai/scan dalam format (.pdf) yaitu : Kartu/SKet NISN, Akte Kelahiran, Kartu Keluarga, KTP orangtua (bapak-ibu dalam satu file), kecuali foto disimpan dalam format (.jpg/.png). Ukuran file jangan lebih dari 1 MB

9. Jika upload gagal dan muncul notifikasi seperti ini, cek kembali file dokumen, pastikan file dokumen dalam format yang benar dan tidak melebihi batas ukuran 1 MB

10. Setelahnya akan muncul halaman cetak kartu ujian. Klik "Cetak Kartu" untuk melihat/mencetak kartu ujian. Atau klik "Ubah Data Peserta" jika ingin mengubah data karena ada kesalahan saat input data



11. Cetak kartu ujian dengan kertas buffalo (cover tebal) warna putih. Bagian bawah adalah keterangan ruang ujian, potong bagian ini dan simpan. Kartu Ujian dibawa saat Ujian Seleksi dan Daftar Ulang.